Minggu, 04 September 2016

Cara Mengatasi Pegal Linu Di Lutut Secara Alami

Cara Mengatasi Pegal Linu Di Lutut Secara Alami - Mungkin saat ini Anda sedang mengalami sakit lutut dan ingin tahu penyebabnya kenapa kok bisa sakit, atau Anda sudah mengetahui penyebabnya dan ingin tahu bagaimana cara mengobatinya. Di sini akan saya bantu menjawab apa yang ingin Anda ketahui itu.

Penyebab Sakit Lutut 
Cedera pada lutut yang dialami adalah penyebab utama dari sakit lutut saat diluruskan maupun ditekuk. Keseleo dan ketegangan pada otot-otot lutut dapat menyebabkan cedera lutut. Hal ini dapat disebabknyeri lutut saat ditekuk diluruskanan karena kecelakaan, pukulan kuat pada lutut, atau karena gerakan yang tak biasa saat melakukan aktivitas tertentu. Cedera lutut pada umumnya yang menyebabkan sakit lutus saat ditekuk meliputi;

 Meniskus lateral
Cedera pada tulang rawan meniskus dikenal dengan istilah meniskus lateral. Sendi lutut terdiri dari tulang paha dan tibia. Di antara dua tulang, terdapat 2 kartilago berbentuk cakram, ini disebut sebagai meniskus. Kartilago ini menyerap kejutan yang diterima saat femur menyerang tibia, selama aktivitas tertentu seperti membawa beban berat. Salah satu kartilago terletak di sisi dalam, dan yang lainnya terletak di sisi luar. Tulang rawan pada sisi luar disebut dengan meniskus lateral. Ketika terjadi cedera pada tulang rawan ini karena gerakan memutar atau terlibat dalam kegiatan menahan beban tertentu, maka disebut dengan meniskus lateral. Luka traumatis pada atlet dan penyakit tulang degeneratif pada usia lanjut adalah beberapa penyebab cedera lutut semacam ini.

Gejala yang dialami
  • Sakit saat berlari atau jogging.
  • Pembengkakan sendi lutut.
  • Lutut susah ditekuk dan muncul suara, terutama ketika menaiki tangga.
  • Lutut terasa kaku dan mengalami rasa sakit yang hebat saat menekuk lutut.


Cara Mengobati Sakit Lutut

Pertolongan pertama yang dapat kita lakukan untuk mengatasi lutut sakit adalah sebagai berikut:

Minum Obat Anti Nyeri – Tersedia banyak di apotek dan toko obat, obat anti nyeri yang dapat dibeli tanpa resep sebagai contoh ibuprofen yang dapat membantu nyeri lutut dengan mudah. Disamping itu ada juga obat oles berupa krim yang digosok langsung pada lutut, biasanya terasa hangat atau panas dan dapat meredakan lutut sakit. Baca juga Jelly Gamat QnC Atasi Nyeri lutut secara alami 

Langkah-langkah perawatan pada lutut yang cedera:
  • Istirahatkan. beistirahatlah dari aktivitas normal untuk mengurangi beban berulang pada lutut, ini akan memberi waktu untuk lutut untuk menyembuhkan diri dan membantu mencegah kerusakan lebih lanjut. Untuk cedera lutut yang ringan mungkin perlu satu atau dua hari untuk istirahat. Lebih kerusakan parahSedangkan untuk cedera yang berat akan membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama.
  • Es. Es dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan. Sediakan sebuah kantung berisi es batu yang dapat dikompreskan pada lutut yang sakit gunakan selama 15 menit sehari 3 kali.
  • Kompresi. Ini membantu mencegah penumpukan cairan dalam jaringan yang rusak dan mempertahankan keselarasan lutut dan stabilitas. Carilah balutan kompresi yang ringan denga balutan verban elastis. Ini harus cukup ketat untuk mendukung lutut tanpa mengganggu sirkulasi.
  • Elevasi. Untuk membantu mengurangi pembengkakan, cobalah menopang lutut yang sakit pada bantal atau meletakkan kaki di atas kursi.


Langkah berikutnya adalah berobat ke dokter untuk mengobati sakit lutut sesuai dengan penyebabnya. Mulai dari obat biasa, terapi, penyuntikan, sampai operasi jika diperlukan.